Petunjuk Penggunaan

Minggu, 19 Mei 2013

Petunjuk Penggunaan Menara Doa Roh Kudus

Hari Raya Pentakosta,
Turunnya Roh Kudus
19 Mei 2013

Situs ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Raya Pentakosta, maka dipilihkan Roh Kudus Allah sebagai pelindung dari Situs ini.


Menara Doa
Dalam tradisi Gereja-Gereja Timur, doa merupakan sesuatu yang sangat utama. Karena dalam doa lah, manusia membuka hatinya dan mengarahkannya kepada Allah. Mempersembahkan diri sepenuhnya kepada Allah. Dan Allah akan mengubah insan manusia tersebut.

Untuk mengarahkan diri secara lebih serius dan lebih mudah, maka didirikanlah biara-biara dan tempat-tempat doa di tempat-tempat yang terpencil, sunyi, dan sulit untuk dicapai jika tidak dengan kemauan yang sungguh-sungguh, seperti misalnya di pulau terpisah, lembah-lembah sunyi, hutan, padang-padang gurun dan termasuk di puncak-puncak gunung tinggi. Menara-menara doa tempat yang dikhususkan sebagai tempat pertemuan makhluk dengan Tuhan nya. Pengejaran terhadap umat Kristiani di jaman lampau turut memperkuat hal ini.

Pada jaman kini. Manusia-manusia yang berada di keramaian dunia modern dan perkotaan perlu kembali mendirikan Menara-Menara Doa di dalam hati nya, sebagai tempat yang dikhususkan bagi Allah. Lingkungan sekitar Saudara mungkin saja ramai dan kacau balau, namun jika Saudara mendirikan Menara Doa dalam hati Saudara, Saudara tidak akan terganggu dengan kekacauan dunia tersebut karena hati Saudara dikuduskan bagi Allah. Dan diharapkan, Saudara malah akan merubah lingkungan sekitar dimana Allah telah menempatkan Saudara. Bagaikan Menara Doa di tengah kekacauan dunia. Bagaikan Taman Tersembunyi yang dipagari dan tidak dapat dimasuki binatang-binatang ataupun pencuri.

Tujuan Situs
Pada era ini, ada 2 hal yang sangat kontras : di satu sisi, akses kepada internet telah menjadi sangat mudah bahkan telah ada di setiap genggaman insan manusia melalui perangkat-perangkat telekomunikasi yang semakin canggih, semakin mudah dijangkau harganya, dan semakin menyebar luas. Bisa dikatakan bahwa dimanapun manusia berada, mereka dapat dengan mudah mengakses internet. Namun di sisi lain, umat beriman Kristiani, khususnya Katolik, bisa dikatakan memiliki akses yang terbatas kepada tempat-tempat suci.

Maka untuk menjembatani kedua hal kontras ini, Menara Doa Roh Kudus hadir.

Dimanapun saudara berada; entah di rumah, di dalam perjalanan, di rumah sakit, di tempat kerja, di tempat-tempat pertemuan, di tengah kemacetan lalu lintas; saudara dapat segera mengakses Menara Doa Roh Kudus ini.

Dalam keadaan apapun; entah ketika tengah terbaring sakit, ketika tengah mendoakan orang-orang yang saudara kasihi, ketika hendak mengambil suatu keputusan penting, ketika berada dalam kerinduan untuk memohon sesuatu kepada Allah, bahkan dalam keadaan krisis dan terhimpit; saudara dapat dengan mudah mengakses Menara Doa Roh Kudus ini.

Maka Menara Doa Roh Kudus ini adalah tempat doa saudara di dunia digital.

Isi Situs
Situs ini berisi doa-doa Katolik Timur (Gereja-Gereja Timur yang berada dalam persatuan Gereja Katolik. Kami bukan Gereja-Gereja Ortodoks, meskipun doa-doa, tata laksana, dan patrimony kami kurang lebih sama dengan yang dimiliki Gereja-Gereja Ortodoks); doa-doa permohonan; renungan-renungan iman dari Katolik Timur).


Cara Menggunakan Situs
Karena Menara Doa Roh Kudus ini adalah tempat doa Saudara di dunia digital; maka Saudara dipersilahkan dengan bebas berdoa di sini.

Caranya (Saudara boleh memilih ataupun melakukan semua pilihan, terserah Saudara):
1) Saudara dapat menggunakan ikon-ikon suci yang ada di dalam Menara Doa Roh Kudus untuk sarana berdoa.
2) Ketika saudara mengunjungi Menara Doa Roh Kudus ini, Saudara dapat turut mendoakan doa-doa yang dituliskan di sini;
3) Saudara dapat dengan bebas meninggalkan “komentar” pada setiap bagian setelah posting ada. Saudara dapat sekedar mengisinya dengan “Amin”; ataupun ungkapan doa pribadi Saudara terkait dengan posting; ataupun ungkapan doa permohonan pribadi Saudara bagi diri pribadi maupun orang lain. Kami akan turut mendoakan doa-doa Saudara, dan secara berkala akan kami kirimkan kepada biara-biara Katolik Timur, uskup maupun imam-imam Katolik Timur.

Siapapun Saudara, dipersilahkan menggunakan situs ini untuk berdoa.

Catatan : Kami berhak untuk menayangkan ataupun untuk tidak menayangkan “komentar” Saudara.

Afiliasi  
Secara rutin kami berkoordinasi dengan Gereja Katolik Melkit. Namun doa-doa Saudara mungkin saja didoakan oleh putra-putri dari salah satu Gereja-Gereja yang ada dalam Gereja Katolik (catatan : ada 23 Gereja Partikular dalam Gereja Katolik, yaitu 1 Gereja Katolik Romawi dan 22 Gereja-Gereja Katolik Timur. Hal ini memperlihatkan betapa kaya dan luasnya Gereja Katolik).

Akhir kata, selamat mengangkat doa-doa Saudara. Dimanapun saudara berada, dan dalam keadaan apapun, ingatlah selalu akan Allah. Kasihilah Dia. Tidak ada sesuatupun di dunia ini yang dapat menghalangi kita dengan Allah.


Salam dan doa,




Menara Doa Roh Kudus







1 komentar: